What's Wrong With My Name?

"Kok kamu lahir bulan Juni sih?"

Sebuah pertanyaan yang akrab ditelinga ketika memperingati (plis, udah kayak apaan aja) hari kelahiran. Mungkin banyak dari teman-teman yang mempertanyakan kenapa seorang anak yang dilahirkan pada bulan Juni ini diberi nama Novena yang identik dengan November?
Nah! Karena banyak pertanyaan tersebut yang datang silih berganti (bahkan) sejak saya masih kecil, blog kali ini saya mau sedikit curhat tentang nama saya. Novena merupakan sebuah nama yang orang awam menganggap nama ini identik dengan anak yang lahir pada bulan November. Mungkin hal ini disebabkan banyak anak diluar sana yang diberi nama menyerupai bulan kelahirannya, seperti Agus yang lahir di bulan Agustus, Yuli yang lahir di bulan Juli, Okta atau Okto atau Okti yang lahir di bulan Oktober. Alasan mengapa orang tua saya memberikan nama Novena kepada saya adalah karena dulu bapak saya menganut agama Katolik. Udah gitu aja! Wes besok lagi bagi yang udah baca tulisan ini jangan tanya lagi ya!
Jadi, Novena ini merupakan nama sebuah doa bagi orang Katolik (buat kamu yang Katolik, pasti tahu lah ya). Nama saya diambil dari Doa Novena Tiga Salam Maria. Doa Novena Tiga Salam Maria ini merupakan doa yang dipercaya oleh pemeluk agama Katolik untuk meminta suatu permohonan khusus [1]. Doa Novena Tiga Salam Maria ini berasal dari Santa Mechtildis dari Helfta yang mencemaskan keselamatan hidupnya [2]. Karena bapak saya yang dulunya seorang Katolik (kemudian menjadi Kristen setelah menikahi ibu saya) menginginkan bahwa saya, anaknya ini, diberi nama Novena yang merupakan sebuah jawaban dari doa dan pengharapan orang tua saya untuk memiliki momongan setelah 4 tahun menikah. Alasan lain adalah bapak memang ingin memberi saya nama yang berbau Katolik dan mungkin nama Novena ini yang paling sesuai. Jadi, seperti itu cerita dibalik nama Novena sedangkan saya dilahirkan bulan Juni.
Untuk teman-teman yang mungkin penasaran seperti apa Doa Novena Tiga Salam Maria bisa dilihat di sini.

Komentar

  1. Oh jadi begitu, kirain karena lahir di bulan November. terima kasih penjelasannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan

Merantau (Part 1)